Posted by : Pengguna android Rabu, 21 Agustus 2013


Resume Subkelompok 3



Permasalahan 

Kemisikinan adalah permasalahan utama yang tengah dihadapi negara ini. Kemampuan ekonomi sebagian masyarakat Indonesia rata-rata menengah kebawah, bahkan ada yang sampai tidak memiliki tempat tinggal. Salah satu penyebabnya adalah tidak meratanya penyebaran penduduk di Indonesia, sehingga persaingan dalam memperoleh pekerjaan menjadi tinggi di beberapa daerah yang padat penduduknya (Pulau Jawa). Namun sebaliknya, di beberapa daerah (Pulau Kalimantan, Sulawesi, Sumatra dan Papua) kepadatan penduduknya sangat rendah, sehingga lahan yang ada tidak diolah secara maksimal.

Solusi 

  1. Kepadatan penduduk merupakan salah satu penyebab utama    terjadinya kemiskinan di negara ini. Oleh sebab itu, menekan angka pertumbuhan penduduk dapat menjadi salah satu solusi yang bagus. Pemerintah telah mencanangkan program KB sejak beberapa tahun yang lalu dan hal tersebut berhasil. tapi sayangnya keberhasilan itu tidak merata di seluruh daerah di Indonesia. maka dari itu, kami menyarankan agar program KB ini lebih ditingkatkan lagi kualitas serta kuantitasnya, sehingga pada akhirnya, pertumbuhan penduduk dapat ditekan secara merata di seluruh wilayah Indonesia. 
  2. Kepadatan penduduk yang terkonsentrasi di beberapa wilayah di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa juga merupakan permasalahan pokok di Indonesia. Solusi lain yang juga kami tawarkan adalah transmigrasi besar-besara untuk wilayah yang berkepadatan penduduk tinggi, ke wilayah berkepadatan penduduk rendah. Jika divisualisasikan maka peta penyebarannya menjadi seperti ini :

Dengan melakukan transmigrasi besar-besaran dari pulau berkepadatan penduduk tinggi ke pulau berkepadatan penduduk rendah, maka harapan hidup sebagian besar warga Indonesia menjadi lebih terjamin karena masih ada lahan yang bisa diolah dan dijadikan sumber pendapatan yang baru. Tentu saja Pemerintah tidak selesai sampai disitu, mereka juga harus menyediakan lapangan pekerjaan bagi transmigran tersebut, sehingga mereka dapat bertahan hidup disana.






{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. Wah, kalian sehati sejiwa sekali dengan sub kelompok 2. siapa dulu, maba gua...
    Saya kaget semanis apa indonesia itu waktu lihat indonesia dikerubungi semut-semut hitam. Semanis saya kah?? wkwkwk
    Eh, taunya waktu di zoom, ada banyak pohon beringin atau bisa jadi berangin.. #peace
    Salut pokoknya mah ama 91. Tulis anggotanya ya..

    BalasHapus