Posted by : Pengguna android Sabtu, 24 Agustus 2013

   Kenapa kita perlu cinta tanah air kita? Hal ini dikarenakan kita lahir dari bumi Pertiwi, kita makan dari hasil tanahnya, minum dari mata airnya, dan tinggal di atasnya. Secara otomatis, kita punya ikatan tersendiri dengan Indonesia.
   Tapi, apa itu cinta tanah air? Cinta tanah air berarti akan melakukan segala sesuatu demi kepentingan negara ini. Hal ini terjadi akibat ketertarikan (contoh cinta pada seorang wanita karena kecantikannya) atau keterikatan (seperti yang saya alami).
   Cinta tanah air terbagi menjadi identitas bangsa, realitas bangsa, wujud cinta, serta visi dan misi. Identitas bangsa adalah hal yang membedakan Indonesia dengan bangsa lain, seperti bendera merah putih, lagu Indonesia Raya, bahasa Indonesia, dan sebagainya. Realitas bangsa adalah keadaan bangsa sekarang, apakah makmur atau justru miskin, dan sebagainya. Wujud cinta adalah bentuk nyata dari persaan tersebut (tindakan), misalnya menjadi tentara untuk melindungi keutuhan NKRI. Dan yang terakhir, visi dan misi adalah cara untuk mencapai wujud cinta tersebut.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments