Posted by : Pengguna android Sabtu, 24 Agustus 2013

   Urgensi kemahasiswaan adalah hal yang perlu diketahui oleh mahasiswa. Ada 4 hal penting yang perlu diketahui mahasiswa ITB, yaitu falsafah kemahasiswaan, budaya kampus, keluarga mahasiswa ITB, dan arah gerak mahasiswa. Falsafah kemahasiswaan terdiri atas dua bagian, yaitu tri dharma perguruan tinggi dan popope. Tri dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Pendidkan artinya penerusan nilai dari generasi tua ke yang muda. Penelitian adalah di mana dengan nilai tersebut, kita dapat menciptakan sesuatu yang baru. Pengabdian masyarakat artinya mengunakan hasil penelitian itu untuk kepentingan masyarakat.
   Popope adalah singkatan dari posisi, potensi, dan peran. Di dalam masyarkat, ada tiga macam masyarakat, yaitu masyarakat sipil (rakyat biasa), ekonomi (pengusaha), dan politik (pemerintah). Kita sebagai mahasiswa termasuk di dalam mahasiswa sipil terpelajar. Potensi kita sebagai generasi muda yaitu dapat berpikir kritis, idealis, memiliki network yang banyak, independen, memiliki semangat, multi disiplin ilmu, dan memiliki keahlian/keprofesian. Peran kita dalam masyarakat adalah sebagai penjaga nilai, agen perubahan, iron stock, dan teladan. Iron stock artinya kita adalah cadangan dari generasi sekarang yang siap ditempa menjadi kuat.
   Di ITB, dikenal budaya kampus sebagai berikut : peduli lingkungan, integritas akademik (seperti tidak menyontek), diskusi, wawasan kebangsaan, apresiasi, inovasi, kewirausahaan, budaya dekat dengan masyarakat, budaya dekat dengan alam, budaya menulis, dan budaya menjadi pemimpin. Arah gerak mahasiswa sendiri terbagi menjadi 2 yaitu vertikal dan horizontal. Contoh gerakan vertikal adalah demonstrasi kepada pemerintah. Sedangkan horizontal seperti pengabdian ke masyarakat miskin.
   Ini adalah struktur Keluarga Mahasiswa ITB. Kongres membawahi tim beasiswa, kabinet, dan MWA-WM (Majelis Wali Amanat-Wakil Mahasiswa). Kemudian ketiga divisi itu membwahi HMJ (Himpunan Mahasiwa Jurusan) dan unit. Dan akhirnya, membawahi seluruh mahasiwa ITB. Kongres berlaku sebagai badan legislatif, yaitu mereka yang membuat keputusan. Keputusan itu akan dijalankan oleh kabinet.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments